Hal – Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memilih Pemandu Wisata

Hal – Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memilih Pemandu Wisata

Berlibur ke tempat asing memang terkadang terdengar menyuitkan. Karena kalian pasti tidak mengenali tempat, penduduk, serta mungkin tidak paham dengan bahasa lokal yang digunakan.

Akhirnya, menggunakan pemandu wisata merupakan salah satu solusi yang paling sering digunakan. Namun untuk itu, kalian harus tahu dulu apa kriteria dalam memilih pemandu wisata yang tepat untuk bisa menghindari hal – hal tidak menyenangkan selama di perjalanan.

Seperti yang baru saja terjadi pada seorang wanita berkewarganegaraan Prancis berusia 22 tahun yang berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Terhasut akan omongan manis pria kelahiran Ende berinisial A, traveling yang dilakukannya terpaksa terhenti karena A malah memperkosanya di tengah perjalanan. Ia kemudian ditinggalkan di rumah sakit dalam kondisi shock.

Untuk meminimalisir kemungkinan hal tersebut terjadi, ada baiknya kalian memahami kriteria pemandu wisata yang tepat.

1.Menguasai Bahasa Asing dan Punya Pemahaman terhadap Budaya Luar

Menguasai Bahasa Asing dan Punya Pemahaman terhadap Budaya Luar

Humas Himpunan Pramuwisata Indonesia Manggarai Barat, Yohanes Romualdus, mengungkapkan selain bahasa nasional, pemandu wisata yang baik harus menguasai setidaknya satu bahasa asing.

“Menurut Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) kami, siapa saja boleh menjadi pemandu wisata. Nanti ketika ia daftar di Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia di mana saja, akan diseleksi.

Minimal punya kemampuan satu bahasa asing. Yohanes sendiri memiliki kemampuan berbahasa asing yaitu bahasa Inggris.

Bekerja sebagai pemandu wisata bukan berarti hanya akan memandu wisatawan dalam negeri saja, oleh sebab itu pemandu wisata yang kamu pilih harus memiliki pengetahuan dan pemahaman budaya luar negeri. Misalnya saja kebiasaan masyarakat dan beberapa kata dasarnya.

Bagi pemandu wisata resmi, sebelum mendapatkan lisensi, mereka akan mendapatkan pembekalan tentang pemahaman budaya asing melalui Dinas Pariwisata atau HPI. “Kami semua sudah dibekali dengan pendidikan Cross Culture Understanding (CCR),” kata Yohanes menambahkan.

Bahkan dalam praktiknya, sebelum memandu mereka bahkan menerapkan ‘tale of tape’ wisatawan atau tamu.

Mereka akan mencari tahu tingkat kesehatan, pendidikan, hingga latar belakang kehidupan sosial tamunya, agar lebih mudah menyesuaikan diri.

2.Bersikap Sopan dan Menguasai Medan Perjalanan

Bersikap Sopan dan Menguasai Medan Perjalanan

Dari tutur kata dan tingkah pola, pemandu wisata harus mampu menunjukkan pembawaan yang sopan. Untuk itu pilihlah pemandu wisata yang mampu memperlakukan tamunya sesuai dengan adat dan istiadat serta norma-norma umum yang berlaku.

Hal ini berguna agar kamu dapat merasa aman dan nyaman, sehingga perjalanan pun terasa lebih menyenangkan.

Mengenal tempat dan medan yang dituju wajib hukumnya bagi seorang pemandu wisata. Dengan ini,  mereka akan mampu mengantarkan tamu ke tempat yang ingin dituju.

Selain itu, dengan memahami medan yang akan dijalani, pemandu wisata akan mampu membantu tamunya dalam mempersiapkan perjalanan sebelum hari-H tiba apabila ternyata trek atau tempat yang dituju membutuhkan persiapan lebih.

Hal ini jugalah yang umumnya menjadi kelebihan pemandu yang juga penduduk lokal. Mereka tahu tempat-tempat yang ‘happening’ dan wajib dikunjungi, serta tahu tempat-tempat tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan.

Sehingga tidak jarang pemandu jenis ini akan lebih banyak diminati para tamu. Karena terkadang mereka bisa memberikam rekomendasi tempat yang lebih bagus dibandingkan area wisata kebanyakan.

3.Berwawasan Luas dan Berpenampilan Menarik

Berwawasan Luas dan Berpenampilan Menarik

Memiliki wawasan yang luas terkait tempat yang dituju seperti sejarah maupun budaya adalah salah satu kemampuan yang mesti dimiliki oleh pemandu wisata.

Sebab dengan mengetahui hal ini, mereka dapat memuaskan keingintahuan tamu yang diantar. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi sebelum melakukan reservasi.

Wajah tampan atau tinggi semampai bukanlah hal yang wajib hukumnya. Tetapi terlihat good looking karena berpenampilan baik dan bersih.

Menggunakan pakaian yang sesuai, senada, bersih, dan rapi juga sudah mampu menunjukkan penampilan yang menarik di depan orang lain.

Pemandu wisata yang memiliki penampilan yang baik juga pasti tidak akan membuatmu berpikir dua hingga tiga kali untuk dipandu, karena dari penampilannya saja mereka sudah mampu meyakinkan tamu yang akan ia antar.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memilih pemandu wisata. Semoga bermanfaat.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.