Kesehatan

4 Sehat 5 Sempurna Untuk si Kecil, Apa Saja?

Kampanye mengenai 4 sehat 5 sempurna sudah digalakkan serta diperkenalkan oleh pemerintah ke masyarakat sejak era 1950 an.

Tujuan dari kampanye makan sehat ini adalah agar nutrisi masyarakat lebih terpenuhi dan bisa terwujud masyarakat Indonesia yang kuat serta sehat.

Agar para orangtua bisa lebih gampang mengatur makanan sehat si kecil, ada beberapa panduan mengenai nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang harus diketahui.

Inti dri makanan 4 sehat 5 sempurna sebenarnya adalah terpenuhinya nutrisi penting bagi tubuh mulai dari karbohidrat, lemak, protein, mineral, hingga multivitamin. Lalu, apa saja sih 4 sehat 5 sempurna tersebut?

1.Makanan Pokok

Makanan Pokok
The USDA “ChooseMyPlate” basic food group for healthy diet, with a plate of food choices including grains, protein, vegetables, fruits and dairy. This plate pie chart concept replaces the former food pyramid recommendaton for guidance on the amount of milk, bread, pasta, chicken and other foods advised for balanced meals.

Ada berbagai jenis makanan pokok yang bisa diberikan untuk anak – anak. Selain nasi yang sudah lama dikenal, kalian juga bisa memberikan si kecil gandum, jagung, sagu, serta singkong atau jenis umbi – umbian lainnya.

Nasi yang kalian berikan kepada mereka juga bisa kalian ganti dengan nasi merah karena nasi merah memiliki keunggulan berupa kandungan serta yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan anak.

2.Lauk Pauk dan Sayur Mayur

Lauk Pauk dan Sayur Mayur

Di masa pertumbuhannya s kecil harus bisa mendapat asupan nutrisi seimbang serta bergizi termasuk protein. Protein yang diberikan kepada si kecil juga harus seimbang yaitu berasal dari protein hewani dan protein nabati.

Pemberian protein bisa kalian selang seling misalnya hari ini protein nabati, besok protein hewani. Protein nabati yang diberikan kepada si kecil seperti temped an juga tahu.

Lalu, kalian juga bisa memberikan daging – dagingan kepada si kecil baik daging ikan laut, ikan air tawa, maupun daging unggas dan daging merah. Namun, untuk jenis daging unggas seperti ayam pemberiannya tak boleh terlal sering setiap hari.

Melengkapi gizi si kecil juga pastinya harus diimbangi dengan pemberian sayur – sayuran segar. Sayur mengandung multivitamin, mineral dan zat gizi yang memiliki manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh si kecil.

Ada berbagai jenis sayur yang bisa diberikan kepada si kecil seperti sayuran berdaun hijau, sayuran brokoli, kubis, serta wortel.

3.Buah

Buah

Berikan si kecil buah agar kebutuhan multivitamin dan juga mineral yang mereka butuhkan terpenuhi. Kalian juga bisa mengelola buah agar lebih disukai oleh mereka.

Misalnya, kalian bisa menjadikan buah – buahana menjadi jus dengan dicampur susu. Ada setidaknya 4 jenis buah berdasarkan warnanya yaitu buah berwarna kuning, hijau, merah, serta ungu.

Untuk menjaga kesehatan mata anak bisa diberikan buah berwarna kuning karena buah tersebut mengandung beta karoten.

4.Susu

Susu

Agar nutrisi yang diterima oleh si kecil lebih sempurna, kalian bisa memberikan si kecil asupan protein hewani dari susu.

Susu juga diketahui memiliki manfaat untuk menambah sumber energy dan meningkatkan pertumbuhan tulang.

Hanya saja pemberian susu harus disesuaikan dengan kondisi si kecil. Jika si kecil menderita kelebihan berat badan maka berikan susu rendah lemak dan glukosa untuk mereka.

Ada banyak jenis susu yang bisa diberikan kepada si kecil. Untuk susu dari protein hewani bisa dipilih susu sapi atau susu kambing.

Susu kambing dikenal memiliki kelebihan bersifat anti alergi. Menurut dr. Irma Lidia, anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna mirip dengan rekomendasi yang beredar saat ini di US myplate, dimana dalam satu piring terbagi oleh 4 porsi karbohidrat (grains) 30%, sayuran 40%, protein 20%, buah 10% dan didampingi dengan segelas susu atau yogurt.

Orang tua diharapkan selalu memberikan anak makan dengan porsi yang tepat dan beragam jenis makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Makanan 4 sehat 5 sempurna ini memiliki manfaat bagi si kecil untuk membantu mereka mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Kalian sebagai orang tua harus benar – benar memperhatikan nutrisi apa saja yang harus dipenuhi oleh si kecil dan jangan menitik beratkan di satu jenis makanan saja.

Pertumbuhan fisik seperti tulang dan gigi si kecil juga membutuhkan dukungan nutrisi yang baik dan optimal. Makanan 4 sehat 5 sempurna inilah yang bisa membantu membangun tulang yang kuat. Semoga bermanfaat.